Hadiri GPMB, Bupati Sugiri Pentingkan Pembangunan SDM Warga Lewat Membaca

Bupati Sugiri Sancoko menilai membangun SDM warga Ponorogo sama pentingnya dengan pembangunan fisik termasuk perbaikan jalan-jalan yang rusak.


Pernyataan itu disampaikan orang nomor satu di Pemkab itu saat menghadiri acara pengukuhan pengurus Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) dan pelantikan bunda baca di Pendopo Kabupaten Rabu (8/6/22). Karenanya ketika dirinya disambati warga jalan yang rusak selalu tenang menjawab pasti akan diperbaiki.

Hanya saja ada yang lebih urgen yang harus tetap diprioritaskan yakni membangun SDM masyarakat agar terus meningkat di era globalisasi dan digitalisasi ini. Ditambahkan, akan sia-sia digelontor ratusan miliar untuk perbaikan jalan rusak tapi pola berpikir warganya rendah. Pihaknya berpikir harus ada solusi yang jitu, ada teknologi agar jalan-jalan yang sudah diperbaiki nanti bisa awet hingga 5 tahun kedepan. Sehingga akan zero cost untuk perawatan setidaknya selama 5 tahun.

Pasalnya yang terjadi selama ini, ketika jalan rusak diperbaiki setahun atau dua tahun ke depan sudah rusak kembali. Dan kondisi tersebut selalu terjadi dari tahun ketahun tanpa ada solusi.

Peningkatan SDM warga bisa dimulai dengan gerakan cinta membaca untuk menambah pengetahuan. Karenanya Pemkab mendukung adanya gerakan pemasyarakatan minat baca dan bunda baca untuk generasi yang luar biasa. (rl)