Jelajah

Puluhan Warga Purbosuman Terserang Penyakit Chikunguya, Satu Orang Dirawat di Rumah Sakit

Puluhan warga Purbosuman diduga kuat kena penyakit chikungunya. Informasi yang dihimpun gema surya ada sekitar 22 orang yang kena gigitan nyamuk Aedes Albopictus dengan gejala nyeri dan demam sebagian mengalami linu-linu di tulang. Dari jumlah itu, satu orang dilarikan ke rumah sakit karena nyeri hebat dan ada komplikasi.

Dr. Any Damayanti, kepala Puskesmas Ponorogo selatan saat dkonfirmasi membenarkan ada puluhan warga kena chikungunya. Hasil pendataannya, ada 40 warga di 2 RT yakni RT 01/RW 04 dan RT 02/RW 04 yang merasakan demam dan nyeri sejak 2 pekan terakhir. Tapi ketika pihaknya mengecek langsung ke lokasi hanya ada 4 orang yang masih sakit dan 1 dirawat di rumah sakit.

Dijelaskan chikunguya merupakan penyakit virus yang ditularkan oleh nyamuk Aedes Albopictus. Nyamuk tersebut berkembang biak selain di air juga semak-semak. Sementara ketika dicek di rumah-rumah warga Purbosuman memang banyak diketemukan jentik-jentik nyamuk baik di tempat minum sangkar burung hingga pelepah daun pisang di kebun.

Karenanya selain melakukan pengobatan, pihaknya juga menggerakkan warga untuk ikut kerja bakti satu minggu sekali. Ada lingkungan yang secara swadaya melakukan fogging tapi mendapatkan pendampingan dari petugas.