HeadlineJelajah

PPDB SMPN Tahun Ini, Dinas Pendidikan Optimis Capai Target Pagu, Meskipun Lulusan SD Disinyalir Tiap Tahun Berkurang

Meskipun setiap tahun lulusan SD disinyalir berkurang mencapai angka 300 hingga 400 siswa . Namun panitia Pendaftaran Peserta Didik Baru ( PPDB) tingkat SMP tetap menargetkan pagu tahun 2022 hampir sama dengan tahun 2021 yakni di angka 8000 siswa .

Seperti yang disampaikan Soiran sekretaris PPDB tingkat kabupaten, hanya ada 1 sekolah yang rombelnya dikurangi. Jika sebelumnya 4 rombel kini hanya 3 rombel .  Lanjut Soiran, sekolah tersebut  yakni SMPN 1 Jambon. Pasalnya setiap kali PPDB pencapaian rombel di SMP tersebut  tidak maksimal .

Masih kata Soiran, SMPN diluar kecamatan Kota pun capaian pagunya hanya kisaran 80 hingga 90 persen. Sehingga tahun lalu target pagu siswa SMPN juga tidak tercapai  .  Soiran mengungkapkan hampir setiap tahun lulusan SD berkurang diperkirakan hingga 400 an siswa .

Penyebab berkurang lulusan SD tersebut  disinyalir suksesnya program Keluarga Bencana ( KB) yang dicanangkan oleh pemerintah .  Namun pihaknya optimistis pagu siswa SMPN akan tercapai .

Sekedar informasi, dari 56 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Ponorogo, hanya ada beberapa sekolah SMPN yang memenuhi pagi dalam PPDB tahun 2021. Secara keseluruhan, target pagu SMPN di tahun 2021 adalah 8256 siswa. Sementara siswa yang daftar ke SMPN sebanyak 6552 orang.