Belasan Sapi Di Sooko Suspek PMK

Kasus Penyakit Mulut dan Kuku – PMK pada hewan ternak khususnya sapi, sudah merebak hingga wilayah Ponorogo perbatasan Trenggalek di sisi timur yakni daerah Kecamatan Sooko. Sedikitnya 19 sapi di Desa Jurug dan Desa Suru suspek PMK.


Kondisi itu diakui   Iptu Anwar Fatoni,  Kapolsek Sooko tersebut membenarkan adnaya PMK yang mulai masuk ke Sooko. Saat ini-pun TNI/Polri bersama Pemerintah Daerah terus melakukan upaya pemutusan wabah PMK dengan kembali melakukan penyekatan di jalur perbatasan Ponorogo-Trenggalek.

Selain itu, saat disinggung bagaimana kondisi ternak sapi di Sooko yang suspek PMK sudah ditangani Bidang Peternakan, Dinas Pertaian Ketahanan Pangan dan perikanan (Dipertahankan) Ponorogo. Dimana, belasan sapi telah disuntik, hingga dilakukan isolasi.

Sekedar informasi, di wilayah Kecamatan Sooko banyak warga yang ternak sapi. Jumlah sapi di Sooko kini mencapai 2.400-an ekor, sedangkan untuk jumlah kambing PE mencapai 250-an dan untuk peternakan babi di Klepu-Sooko juga terbilang banyak yakni berkisar 200 ekor.