HeadlineJelajah

Hujan Angin di Gondowido Ngebel, 3 Pohon Pinus Tumbang

Hujan disertai angin yang melanda wilayah Ngebel Kamis sore, 26 Mei 2022 kemarin menyebabkan 3 pohon pinus tumbang. Pohon pinus tersebut menutup akses jalan antara desa Gondowido dengan desa Pupus sehingga harus para pengguna jalan dialihkan ke desa Wagir Lor.

Gatot Susanto, Kasi kedaruratan dan logistik BPBD Ponorogo mengatakan lokasi pohon roboh akibat angin ada di petak 66 KPH Lawu DS. Karena letaknya di ketinggian dan ukuran lumayan besar, maka evakuasi baru bisa dilakukan Jumat 27 Mei 2022. Dijelaskan untuk wilayah Ponorogo sebagian besar memang masih diguyur hujan deras dalam beberapa hari terakhir. Meski sebenarnya bulan April Mei sudah memasuki musim kemarau.

Karenanya warga diminta untuk waspada dan hari-hati, jika berada di jalan ketika hujan deras disertai angin lebih baik menghentikan dulu perjalanannya. Untuk warga yang memiliki pohon rimbun lebih baik dilakukan pemangkasan.

Adanya pohon tumbang karena hujan angin dibenarkan Kades Gondowido, Baskoro Widha Mandala dimana sempat menutup akses jalan. Akibatnya wisatawan yang ada  di Ngambang Tirto kencono ketika pulang harus lewat jalur alternatif lain yakni di desa Wagir Lor. Pasalnya kejadian tersebut terjadi pukul 17.00 WIB ,sehingga belum bisa langsung evakuasi apalagi kondisi masih hujan dan gelap. Pagi hari pihaknya mengerahkan warga 4 RT untuk mengevakuasi 2 pohon pinus ukuran besar yang melintang.