Berkunjung Ke Ponorogo Wagub Emil Dardak, Minta Warga Tak Cemaskan Penyakit PMK Pada Sapi Dan Kambing

Emil Elestianto Dardak wakil Gubernur Jawa Timur, dalam kunjungannya ke Ponorogo Kamis 12  Mei 2022  meminta warga tak  khawatir  akan serangan  Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada  sapi dan kambing .  Pemerintahnnya  memang yang paling aktif untuk mencari tahu tentang virus yang menyerang sapi dan kambing, sehingga gaungnya menjadi besar .


Emil saat di temui di SMK 2 PGRI, menjelaskan saat ini pihaknya telah melakukan sejumlah antisipasi terkait penyebaran PMK di Jatim . Salah satunya adalah melakukan monitoring dan laporan untuk setiap hewan ternak yang akan disembelih oleh rumah pemotongan hewan (RPH) . Sehingga peredaran daging sapi akan lebih dimonitor dan diperketat .

Pihaknya saat ini lebih fokus terhadap penanganan dan pengobatan terhadap sejumlah hewan ternak yang saat ini terjangkiti PMK . Bahkan kata Emil saat ini Jatim juga bekerja sama dengan pemerintah Australia menangani PMK di Jatim . Kerjasama tersebut juga terkait dengan vaksin yang sedianya akan digunakan untuk pencegahan dan pengobatan PMK .

Kedepannya akan segera dilakukan skala prioritas terkait dengan vaksin PMK pada hewan ternak yang sedang diusahakan oleh Pemprov Jatim .  Emil mengungkapkan pihaknya tancap gas agar menjelang Idul Adha situasi dapat lebih kondusif .