Mudik Diperbolehkan, Tingkat Reservasi Hotel Di Ponorogo Mulai Naik

Kalangan pengusaha hotel bisa tersenyum lega . Ini setelah tingkat reservasi hotel mulai ada kenaikan menyusul pemerintah memperbolehkan mudik pada lebaran tahun ini .  Irul , salah satu admin hotel Gajah mada mengatakan ada kenaikan reservasi hingga 30 prosen dibanding hari hari biasa .  Kondisi tersebut  jauh berbeda dengan tahun lalu dimana sangat sepi karena larangan mudik .  Padahal saat itu pihaknya memberikan banyak diskon agar ada tamu yang menginap .


Kendati begitu belum dipastikan apakah kenaikan reservasi tersebut  akan mempengaruhi  rate hotel . Kalau  sebelum pandemi setiap  jelang lebaran karena tingkat  okupansi mencapai level maksimal maka akan ada kenaikan harga 10 hingga 20 prosen .  Lebih lanjut dikatakan jika reservasi  rata rata dimulai 7 hari jelang lebaran .  Harapannya , tingkat hunian hotel bisa penuh sehingga bisa memulihkan kondisi yang sempat mati suri gara gara pandemi .

Kondisi yang sama dirasakan hotel Maesa , dimana tingkat reservasi naik tajam .  Hadi Prayitno , marketing hotel mengatakan jika tingkat hunian kamar sudah 90 prosen , pada H-2 hingga H plus 7 lebaran .  Sejak bulan Maret lalu, warga luar daerah sudah melakukan reservasi .  Hal tersebut  jauh berbeda dengan lebaran tahun lalu , yang sepi  karena larangan mudik .