Perang Nyamuk Aedes Aegypti, Bupati Instruksikan PSN Satu Pekan Sekali

Perang terhadap nyamuk aedes aegypti terus dilakukan Pemkab Ponorogo. Bupati Sugiri Sancoko menginstruksikan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dilakukan satu pekan sekali setiap hari Jum’at. Giat tersebut bukan hanya melibatkan warga tapi juga kalangan ASN.


Warga kerja bakti membersihkan lingkungan masing-masing, sementara ASN membersihkan lingkungan kerjanya. dr. Myta Ferdiana Putri, kasi P2M Dinas Kesehatan mengatakan kerja bakti di fokuskan terhadap pemberantasan sarang nyamuk melalui gerakan 3M yang merupakan langkah terpenting untuk membasmi perkembangbiakan nyamuk  baik jentik maupun nyamuk dewasa.

Diakui jika kasus demam berdarah mulai ada peningkatan. Bahksan di bulan Januari ini mencapai 65 kasus. Sehingga agar kejadian luar biasa KLB tidak terulang, gerakan serentak PSN wajib dilakukan.

Selain PSN, lanjut dr. Myta, juga dilakukan pengendalian vektor nyamuk dengan tindakan fogging secara serentak di 35 titik. yang terbagi diantaranya 10 titik dari dinas kesehatan dan 15 titik fogging mandiri. Diakui jika saat ini semangat warga melakukan fogging mandiri cukup tinggi. Hanya saja akan tidak efektif  jika tidak dilakukan pendampingan oleh Dinkes.

Sementara, Fogging pada Jum’at (21/1) dilakukan di wilayah Balong, mengingat kawasan tersebut tertinggi menempati urutan kasus DB di Ponorogo