Hujan Deras di Tumpak Pelem Sawoo, 2 Rumah Rusak Tertimpa Pohon dan Tanah Longsor

Hujan deras yang mengguyur Desa Tumpak Pelem Sawoo kemarin siang menyebabkan 2 rumah rusak dan satu sekolah dindingnya retak-retak. 2 rumah rusak itu milik Hambali, warga Rt/01 Rw/02 dukuh Wates, dimana dindingnya jebol terkena tebing belakang rumah yang longsor. Selain itu, satu rumah lagi milik Tunggul, warga Rt/01 Rw/01 dukuh Jabak, dimana teras samping rumah gentengnya runtuh tertimpa pohon trembesi. Adapun di SDN 2 Tumpak Pelem, 2 ruang kelas dindingnya retak-retak karena tanah longsor di belakang gedung sekolah.


Atik Sumiati, Kepala Desa setempat mengatakan selasa pagi warga sudah bahu membahu bergotong royong untuk membersihkan material longsor dan genting yang rontok. Beruntungnya tidak ada korban manusia dalam kejadian tersebut, tapi total kerugian cukup besar. Untuk dapur jebol sekitar 10 juta sedangkan teras yang atapnya ambrol sekitar 5 juta rupiah. Pihaknya juga sudah menyampaikan laporan ke kecamatan dan BPBD untuk tindak lanjut penanganan.

AKP Joko Suseno, Kapolsek Sawoo membenarkan adanya kejadian 2 rumah yang rusak akibat tertimpa pohon maupun longsoran. Pihaknya menghimbau agar warga selalu waspada dan hati hati jika hujan deras mengguyur wilayah Sawoo. Jika perlu mengungsi ketempat aman jika letak rumah dekat dengan tebing. Kemudian, memangkas pohon yang dikira cukup rimbun dan sudah tua.