HeadlineJelajah

Bantuan Parpol Dianggarkan Rp 1,652 Miliar Dari APBD

Partai politik (parpol) mendapat bantuan dana segar dari pemerintah setiap tahun berdasarkan perolehan suara dalam pemilu legislatif 2019 lalu .  Alim Nor Faizin Kabid Sosial Politik, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Ponorogo mengatakan , Nominalnya Rp 3.000 per satu suara sesuai usulan yang dikirim ke Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa .  Tidak ada perubahan untuk perolehan setiap partai .

Alim mengungkapkan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dengan perolehan 124.833 suara sah (10 kursi di DPRD Ponorogo) yang mendapat bantuan dana parpol terbesar,  Yakni, Rp 374,499 juta .  Lalu disusul Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Demokrat .  Partai Hanura dengan suara sah 6.163 yang mendapat suara terkecil dibandingkan 10 parpol lainnya .

Pihaknya tahun ini bakal memfasilitasi cairnya anggaran bantuan parpol nominal Rp 1,652 miliar dari APBD  .  Alim menyebut , jika  nominal pengali Rp 3.000 untuk satu suara itu termasuk kecil dibandingkan daerah yang lain .  Pasalnya kekuatan anggaran masing-masing daerah berbeda .

Bersumber dari APBD, setiap partai politik juga harus melaporkan penggunaan bantuan itu . Salah satu penggunaan dana bantuan parpol untuk pendidikan politik .  Namun, pemerintah pusat sempat mengambil keputusan agar dana dipakai mendukung program penanganan Covid-19 .