Stock Vaksin Masih Terbatas, Vaksinasi Booster Belum Bisa Serentak

Kabupaten Ponorogo sudah diizinkan untuk melakukan vaksin dosis ketiga atau vaksin booster mulai Rabu (12/1), hanya saja satgas penanganan covid-19 Kabupaten Ponorogo belum bisa melaksanakan vaksin booster secara maksimal mengingat ketersediaan stok vaksin untuk booster belum mencukupi.


Heni Lestari kabid pengendalian dan pencegahan penyakit dinas Kesehatan mengatakan, pihaknya mulai Rabu (12/01) sudah melakukan vaksin booster untuk 100 dosis moderna di gedung lantai 6 Jl. basuki rahmat, 100 dosis itu merupakan sisa vaksinasi, sedangkan stok vaksin yang ada saat ini pihaknya masih fokus pada vaksin anak usia 6-11 tahun dan tanggungan dosis dua yg masih kurang. Sementara itu rekomendasi Untuk booster yakni jika dosis 1 dan 2 vaksin sinovac maka vaksin booster nya Pfizer, atau Astrazeneca atau heterolog.

Menurutnya pemberian booster hanya setengah dosis, syarat penerima vaksin booster usia minimal 18 tahun dan sudah menerima dosis dua setelah 6 bulan, pihaknya berharap Provinsi atau pusat bisa mengalokasikan untuk Kabupaten Ponorogo khusus untuk vaksin booster.