Jelajah

14 Replika Artefak Kerajaan Majapahit Dipajang di Rumah Dinas Bupati

Rumah dinas Bupati Ponorogo, Pringgitan kini diisi replika artefak dari Museum Gubug Wayang, Mojokerto. Setidaknya ada 14 koleksi yang dipamerkan, diantaranya satu miniatur patung Patih Gajah Mada, satu miniatur candi dan 12 miniatur wanita Majapahit.

Sugiri Sancoko Bupati Ponorogo mengatakan, Ini koleksi replika ini menggambarkan dari abad 14, ada beberapa model rambut wanita diera kerajaan Majapahit. Acara ini merupakan museum temporary. Ini untuk melihat antusiasme masyarakat terhadap museum. Sambil pihaknya menghegemoni minat para pemangku kepentingan, ASN, dan rakyat Ponorogo.

Bahwa pihaknya akan menghadirkan museum itu serius. Menurutnya ini merupakan bentuk prototype sebelum dibangun museum di Kecamatan Sampung. Masyarakat pun secara bebas diperbolehkan melihat koleksi replika ini di Rumah Dinas Pringgitan.

Sugiri menegaskan sudah menganggarkan di Sampung untuk membangun monumen lengkap dengan museum di bawahnya. Berisi wahana budaya, pertanian, kesenian, batik, pendidikan, serta sejarah detail tentang Ponorogo.

Maka pihaknya ingin menempatkan literasi menjadi sesuatu yang penting, museum ini tempatnya, menceritakan bagaimana Ponorogo dengan literatur yang baik. Selain di rumah dinas Pringgitan. Nantinya juga akan melakukan temporary museum di kantor DPRD, kantor Bupati hingga kantor lantai 8. Bahkan juga di sekolah-sekolah yang berada di kota. (yd)