HeadlineJelajah

Kasatreskrim Ajurkan Titipkan Barang Berharga Ke Tetangga Saat Bepergian

Waspadai aksi pencurian yang menyasar rumah kosong karena ditinggal penghuninya bepergian di akhir tahun .  Lebih baik menitipkan barang-barang berharga di rumah tetangga atau memasang kunci ganda .  AKP Jeifson Sitorus Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasatreskrim) mengatakan tingkat kerawanan kejahatan itu bersamaan momentum Natal dan tahun baru (Nataru) .  Pasalnya Pelaku kejahatan itu semakin pintar menentukan sasaran . Pemilik rumah kadang teledor meletakkan kunci di suatu tempat yang ternyata pencuri sudah mengamatinya .

Lanjut AKP Jeifson Tak urung, pelaku dengan mudah melenggang masuk dan menjarah barang-barang berharga yang ada .  Masyarakat pun diminta wajib berhati-hati ketika meninggalkan rumah untuk bepergian . Bahkan satreskrim menawarkan penitipan barang berharga di kantor satreskrim . Kendati polisi bakal menimbang seberapa penting barang itu hingga perlu pengawasan khusus .

Pihaknya menyarankan agar pemilik rumah memastikan semuanya aman sebelum bepergian .  Pasalnya beragam modus operandi kejahatan bermunculan . Mulai pencurian kendaraan bermotor (curanmor), pencurian dengan pemberatan (curat), hingga pencurian disertai kekerasan (curas).