Inspektorat Pemkab Akan Turunkan Tim Khusus Cek Fisik Proyek Pembangunan Jembatan Mijil Grogol

Inspektorat pemerintah kabupaten Ponorogo akan mengirimkan tim ke proyek pembangunan pondasi jembatan mijil Desa Grogol Sawoo. Imam Bashori Inspektur Inspektorat menjelaskan, tim beranggotakan minimal 3 orang  sebagai pengendali mutu dan pengendali teknis.


Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Kawasan Pemukiman (DPU-PKP) telah meminta bantuan untuk penanganan penyerapan anggaran dan sistem pengerjaan proyek pembangunan jembatan mijil Grogol Sawoo.

Tim yang turun bukan hanya terkait administrasi saja untuk pengecekan namun juga  akan melakukan pengecekan fisik di proyek jembatan mijil tersebut untuk mengetahui kualitas pembangunan. Dalam bertugas nanti, tidak tertutup kemungkinan tim tersebut melibatkan orang dari luar untuk. Pihaknya juga akan memeriksa adanya kerugian negara atas klaim yang telah diberikan ke CV Mutiara Jaya.

Sekedar mengetahui proyek pembangunan jembatan mijil Desa Grogol Sawoo terpaksa dihentikan dan dalam tahap penyelidikan polisi. Ini setelah proyek jembatan penghubung 2 dukuh itu, memakan korban jiwa. Pondasi jembatan yang dibangun tiba-tiba ambrol dan menimpa 2 pekerjanya hingga tewas.

Tim penyidik telah memanggil 15 orang saksi termasuk Kepala Dinas Perkerja Umum (DPU-PKP) dan direktur CV. Mutiara selaku rekanan pelaksana proyek. DPU-PKP mengakui sudah ada pembayaran sekitar Rp250 juta untuk progres 30 persen pembangunan proyek jembatan dari nilai kontrak Rp835 juta. (yd/rl)