HeadlineJelajah

Watu Dukun Sampung di Sebut-sebut Tempat Istirahat Raja Airlangga

Desa Pagerukir, Sampung, selain menyimpan keindahan alamnya juga memiliki potensi wisata budaya.
Salah satunya adalah obyek wisata Situs Budaya Watu Dukun atau Batu Purbakala.

Situs Budaya Watu Dukun berada di Dukuh Pagerukir, lebih tepatnya di kawasan hutan KPH Madiun, BKPH Sumoroto, RPH Pagerukir, Petak 115 dengan luas 0.60 Ha.

Informasi yang dihimpun gema surya, Batu Purbakala di Situs Watu Dukun berusia lebih dari 1000 tahun yang bertuliskan huruf Jawa Kuno, Aksara Kawi.

Selain itu terdapat 4 (empat) batu kursi dan batu menyerupai meja (altar), batu seperti ranjang, batu salju, batu suci dan batu berundak.

Di situs ini juga terdapat Sendang Watu Dukun. Suminto, Kades Pagerukir, Sampung mengatakan jika sejak 10 tahun lalu dibuka untuk wisatawan, sudah banyak pengunjung yang datang.

Bahkan ada juga warga asing yang ingin melakukan penelitian karena tertarik saat viral di media sosial. Situs Watu Dukun diyakini sebagai tempat penggemblengan Airlangga oleh Mpu Bharada.

Dijelaskan, jika wisatawan tidak hanya belajar terkait sejarah dan budaya, namun juga disugihi panaroma yang cantik ketika datang di lokasi. Pasalnya, pager ukir merupakan daerah dengan perbukitan.

Untuk tempat beristirahat, pihaknya mendirikan banyak gazebo di beberapa titik.