HeadlineJelajah

ACS Disetujui, Tahun Depan Siap Beroperasi, Anggaran 1 Miliar

Angkutan Cerdas Sekolah (ACS) akhirnya disetujui oleh DPRD Ponorogo dan Bupati setelah melalui proses panjang .  ACS masuk dalam APBD 2022 dengan total anggaran yang disiapkan sebesar 1 milyar rupiah . Meski sudah siap beroperasi tahun depan, jalur mana saja yang dilewati masih dalam tahap pemetaan . Selain itu, selama pandemi belum ditetapkan berakhir, protokol kesehatan tetap menjadi prioritas dalam penerapan ACS.

Sunarto ketua DPRD Ponorogo, Sabtu 27 Nov 2021 menjelaskan, ACS memang menjadi salah satu usulan yang akhirnya disepakati akan dioperasionalkan lagi tahun 2022 .  Dana sebesar 1 milyar telah disiapkan demi memfasilitasi anak-anak sekolah agar tidak berkendara sendiri ke sekolah. Selain itu pihaknya juga mengklaim tidak adanya ACS di tahun 2021 ini lantaran memang tidak ada pembelajaran tatap muka .

Sunarto juga mewanti-wanti untuk protokol kesehatan juga harus tetap menjadi prioritas mengingat pandemi belum dinyatakan usai .  Seperti  diketahui, saat anak sekolah naik angkutan umum sangat rentan sekali terjadi kerumunan . Sehingga pihaknya sangat berharap kesadaran dalam penerapannya saat memanfaatkan angkutan gratis ini .

Disinggung terkait jalur dan jumlah armada, Sunarto menjelaskan jika saat ini masih dalam tahap pemetaan . Pihaknya masih belum bisa menjelaskan apakah jumlah armada akan sama dengan tahun sebelumnya atau tidak. Secara pengamatan saja, untuk tahun lalu juga masih ada armada yang tidak penuh saat beroperasi.  Yang terpenting, ACS bisa berjalan dulu sambil dievaluasi .

Sementara terkait rute, warga masyarakat juga diminta memberikan masukan jalur mana saja yang sangat membutuhkan ACS. Masukan dari masyarakat dinilai penting agar manfaat ACS bisa optimal .