HeadlineJelajah

BPBD sudah pasang 5 alat early warning system EWS

Memasuki musim penghujan BPBD Ponorogo mengklaim 5 (lima) alat Early Warning System ( EWS) longsor, terpasang dalam kondisi baik dan normal.

Seperti yang dikatakan Setyo Budiono, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo, pihaknya melakukan pengecekan rutin alat tersebut sebelum memasuki musim hujan. Selain itu, informasinya, semua alat EWS longsor dalam kondisi baik.

Sejumlah (lima) 5 alat EWS terpasang di beberapa wilayah yang berpotensi longsor, misalnya Talun-Ngebel, Sawoo, Tugurejo dan Nggembes (Slahung) serta Banaran, Pulung.

Pemasangan pun dilakukan pada tahun yang berbeda-beda. Masih kata Budi, semua alat itu merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Idealnya, semua tempat yang berpotensial bencana longsor sudah terpasang alat tersebut karena di Ponorogo yang wilayah pegunungan berpotensi longsor.

Dengan adanya alat EWS longsor, maka bisa mendeteksi dini tentang tanah longsor dan memberikan peringatan kepada masyarakat untuk mencari tempat yang aman agar nantinya tidaknya menimbulkan korban jiwa.