Kades Bringinan Peroleh Penghargaan Terbaik Dalam Upaya Mengubah Perilaku Masyarakat Higienis Dan Saniter

Kerja keras Pemerintah Desa bringinan Jambon memprioritaskan kesehatan dalam pembangunan di Desanya berbuah manis, ini setelah Kepala Desa Bringinan Jambon akhirnya mendapat penghargaan, sebagai Kepala Desa terbaik dalam upaya mengubah perilaku masyarakat yang higienis dan saniter melalui pendekatan STBM oleh Menteri kesehatan. 


kepada gema surya Barno mengaku sangat bersyukur atas raihan prestasi tersebut, awards itu diperoleh karena kerjasama semua pihak tak terkecuali masyarakat. Dijelaskan jika masalah kesehatan menjadi yang utama dan telah tercantum dalam visi misi pertama kali menjabat menjadi Kepala Desa Bringinan, yakni sehat adil makmur sejahtera, meski tak mudah merubah perilaku masyarakat untuk pola hidup bersih dan sehat namun berkat motivasi dari Pemerintah Desa maka pola hidup sehat jadi kebiasaan dan kebutuhan. 

Bentuk motivasi dan dorongan yang diberikan lanjut Barno, diantaranya pendanaan, selain itu untuk menuju STBM awards juga butuh rangkaian perjuangan panjang. Berawal tahun 2016 Desa Bringinan Jambon telah ditetapkan sebagai Desa ODF yaitu tidak buang air besar sembarangan, selain itu Desanya juga memiliki kartu Bringinan sehat, Pemerintah Desa Bringinan juga selalu hadir sebelum warganya dilahirkan hingga meninggal dunia. 

Lebih lanjut dijelaskan jika selama pandemi, warganya juga taat prokes, salah satunya cuci tangan pakai sabun yang kemudian menjadi kebiasaan baru dari anak-anak hingga orang tua, didepan rumah-rumah disediakan tempat cuci tangan dan sabun, selain itu di lingkungan masing masing ada kesepakatan tidak membuang sampah disungai. Sementara Barno menambahkan penghargaan tersebut diberikan melalui dinas kesehatan langsung kepada Barno selaku Kepala Desa Bringinan di Gedung terpadu pada Jumat 12 Oktober 2021.