Jalan Penghubung Badegan Sampung Terancam Putus, Tergerus Arus Sungai Sepanjang 4 Meter

Jalan penghubung Sampung Badegan terancam putus jika tidak segera diperbaiki dalam waktu dekat ini. Hujan deras yang mengguyur belakangan ini menyebabkan sungai di dukuh Gunungan desa Ringinputih meluap dan akhirnya menggerus badan jalan. Tak tanggung-tanggung, badan jalan yang ambles mencapai separo lebih, sehingga pemerintah desa setempat memberikan rambu atau tanda peringatan agar pengguna jalan berhati-hati jika melintas.


Syamsul Hadi, kamituwo setempat menjelaskan jika jalur tersebut merupakan jalan poros kabupaten, satu-satunya menjadi penghubung antara Sampung Badegan. Setiap harinya dilewati pengguna jalan, baik motor hingga kendaraan besar yang ingin ke Wonogiri Jawa Tengah. Lebih lanjut dijelaskan jika luapan sungai bisa menggerus separo badan jalan karena talud sungai sudah tidak mampu menahan.

Talud sungai sepanjang 1 kilometer, kondisinya sudah rusak berat. Sempat dilakukan survey oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ( DPUPR ) sebelum pandemi lalu, tapi hingga kini belum ada tindak lanjut. Pemerintah desa sendiri tak bisa berbuat banyak selain mengusulkan segera adanya perbaikan karena jalan tersebut bukan menjadi wewenangnya. PIhaknya hanya membantu dengan kerja bakti bersama warga membersihkan sungai dari kotoran sampah carang bambu.