Tak Hadir, Ratusan Peserta Test SKD CASN Dinyatakan Gugur

Sebanyak 387 peserta seleksi tes Seleksi Kemampuan Dasar Calon Aparatur Sipil Negara ( CASN) baik Calon PNS maupun Calon P3K non guru dinyatakan gugur. Rinciannya, 380 peserta seleksi tes SKD CPNS dan 7 peserta dari Calon P3K.  Ratusan peserta tersebut tidak hadir saat melakukan tes SKD. Iwan Yono Saputro Kabid Perencanaan Pengadaan Pengolahan Data dan Sistem Informasi ASN Badan Kepegawaian pengembangan sumber daya manusia ( BKPSDM) mengatakan, mereka dinyatakan gugur karena tidak mengikuti tes SKD. 


Tahun ini ada 24 sesi tes CASN sehingga kalau dihitung setiap sesinya yang tidak datang 10 lebih peserta. Dibanding tahun sebelumnya, ketidakhadiran peserta dirasa tinggi, tahun sebelumnya hanya 5 peserta per sesi yang tidak hadir. Lanjut Iwan  jumlah peserta keseluruhan yang hadir 2.866 orang untuk peserta seleksi Tes SKD Calon PNS, sedangkan P3K non guru yang hadir 292 peserta. Namun begitu, meski mereka tidak hadir saat tes SKD jika tahun depan Pemerintah membuka seleksi tes CASN mereka diperbolehkan ikut. 

Iwan menambahkan untuk pengumuman siapa saja yang lolos untuk mengikuti tes Seleksi kemampuan bidang ( SKB), masih belum diketahui karena menunggu 3 peserta yang positif covid-19 yang dijadwalkan ulang tes pada 31 Oktober di Badan Kepegawaian nasional regional 2 di Surabaya, dan peserta tes CASN yang mengikuti di luar Negeri Sehingga menunggu semua seleksi tes CASN selesai dulu baru kemudian pengumuman lolos untuk Tes SKB.