HeadlineJelajah

Operasi Zebra Semeru Akan Digelar Selama Dua Pekan, Polisi Tindak Pelanggaran Berpotensi Laka

Satlantas Polres Ponorogo selama dua pekan ini menggelar Operasi Zebra Semeru 2023. Adapun sasaran dalam operasi yang digelar mulai 4 hingga 17 September itu, pengendara yang melanggar lalu lintas.

“Kami di Polres Ponorogo hari ini sedang melakukan gelar pasukan, dalam rangka operasi semeru 2023 se-wilayah Jawa Timur, selama 14 hari ke depan,” kata Satlantas Polres Ipda Abdul Kholik melalui sambungan telepon dalam program Jelajah Pagi RGS FM, Senin (4/9).

Beberapa pelanggaran yang disasar diantaranya berboncengan lebih dari satu orang, melawan arus lalu lintas, melebihi aturan batas kecepatan berkendara, tidak memiliki SIM, pengendara roda dua tidak menggunakan helm SNI, pengendara kendaraan roda empat tidak menggunakan safety belt, bermain HP saat berkendara dan berkendara dalam pengaruh alkohol.

Ipda Abdul Kholik bilang, akan menerapkan dua cara untuk operasi tersebut yakni hunting system dan menggunakan mobil ETLE. Adapun sanksi bagi pelanggaran bisa berupa peringatan, teguran hingga tilang apalagi jika pelanggaran yang dilakukan kasatmata dan berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas. (rl/ab)