Ditinggal Kerja Bakti Rumah Jemirin Warga Sidorejo Sukorejo Ambruk

Kasus rumah roboh kembali terjadi di wilayah Sukorejo. Kali ini terjadi di Desa Sidorejo, rumah Jemirin ambruk rata dengan tanah Kamis (30/9/21) siang. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, karena rumah dalam keadaan kosong.


Jemirin sang pemilik rumah ada kegiatan kerja bakti lingkungan, tiba-tiba warga mendengar suara brakkl! yang ternyata rumah Jemirin ambruk. Kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Iptu Syukron Mukarom, Kapolsek Sukorejo mengatakan, saat kejadian Kamis (30/9/21) sekitar jam 10.30 WIB, korban ikut kerja bakti yang lokasinya 100 meter dari rumah. Sehingga ketika rumahnya roboh langsung mengetahui. Selama ini yang bersangkutan hidup sendirian dengan profesi serabutan. Kebetulan ada kegiatan padat karya di lingkungannya sehingga ikut serta membantu.

Lebih lanjut dikatakan, jika rumah tersebut secara fisik bangunannya kurang memenuhi syarat. Dari keterangan pemilik, rumah tersebut asal didirikan dengan komposisi bahan material yang tidak standar. Kayu dan atap juga bukan jati dan banyak yang lapuk. Pasca kejadian pihaknya bersama pemerintah desa, kecamatan, dan koramil serta warga gotong-royong membersihkan material bangunan.

Sementara Etik Mudalifah, Camat Sukorejo mengatakan sudah berkoordinasi dengan BPBD terkait bantuan logistik berupa sembako dan selimut serta terpal. Pihaknya juga akan mengupayakan adanya bantuan perbaikan rumah. Apalagi korban merupakan warga kurang mampu.

Jumat (1/10/21) pagi, bersama warga dan pemerintah desa sudah bergotong-royong dilokasi. Sebelumnya rumah roboh juga terjadi di Sukorejo yakni di Desa Prajegan. Satu keluarga tertimpa atap rumah saat asyik nonton televisi. Bahkan sempat dilarikan ke rumah sakit karena mengalami luka luka. (ab/rl)