Sekolah Berharap PPKM Level 4, PTM Tetap Digelar Meski Hanya 25 Persen Siswa

Buntut dikembalikannya sistem pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ) membuat kalangan kepala sekolah kecewa. Pasalnya, PTM belum lama digelar namun sudah harus menempuh PJJ lagi yang  membuat para pelajar dan orang tua ikut sedih.


Seperti disampaikan Sutarjo, kepala Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Ponorogo, para siswa sudah terlanjur semangat bersekolah, namun  akhirnya harus kecewa. Kendati begitu, pihaknya tidak bisa berbuat banyak karena kebijakan dari pusat karena status Ponorogo kembali ke level 4 PPKM. Sutarjom menambahkan PTM di sekolah sangat penting dalam membangun karakter siswa.

Sementara PJJ juga berlaku bagi sekolah setingkat SMA dibawah naungan Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Ponorogo. Eko Budi Santoso Kasie SMA Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Ponorogo mengatakan, untuk PTM di 26 SMA baik negeri maupun swasta akhirnya dihentikan sejak Kamis (26/8/21).

Dirinya secara pribadi mengaku kecewa Ponorogo kembali ke PPKM level 4. Apalagi bagi sekolah dan para siswanya juga merasakan kekecewaan. Pihaknya berharap dengan PPKM level 4 ini masih ada kelonggaran untuk PTM maksimal siswa yang masuk 25 persen. (rl/ab)