HeadlineJelajah

Penambang Hanya Perbaiki Jalan Rusak Jenangan Sampung Sepanjang 3 Meter

Ora mangan nongkone gupak pulute. Pepatah jawa itu lah yang mungkin dirasakan warga desa Jenangan Sampung. Warga bertahun tahun harus melewati jalan rusak parah diduga ulah para penambang luar daerah.  Truck bermuatan pasir keluar masuk melewati jalan tsb , tanpa ada kontribusi sama sekali. Ironisnya , ketika jalan rusak parah hingga 1 km , sudah tidak bisa dilewati truck lagi , sejumlah penambang baru punya itikad baik untuk memperbaikinya . Tapi hanya 2 titik yang dianggap parah  yakni sekitar 3 meter saja.

Kondisi tersebut diungkap Irianto, kepala desa Jenangan Sampung , dimana kemarin sudah ada upaya perbaikan dengan sistem cor yakni di bagian depan dan utara balai desa. Untuk itu dalam kesempatan tersebut, pihaknya menyampaikan kepada penambang untuk bertanggung jawab akan kerusakan tersebut  secara menyeluruh.

Selain itu pihaknya juga menyampaikan pengaduan tertulis kepemerintah kabupaten agar bisa difasilitasi. Setidaknya , tidak ada kerugian akibat pekerjaan penambangan yang nota bene  bukan berada  diwilayah ponorogo tapi warga sampung yang dirugikan . Pemkab berjanji akan duduk bersama berkoordinasi dengan penambang dan pemkab wonogiri terkait permasalah tersebut .