Resmikan Waduk Bendo, Jokowi Berharap Produktivitas Pertanian Di Ponorogo Meningkat

Setelah menunggu bertahun-tahun, waduk Bendo di Ngindeng Sawoo Ponorogo akhirnya segera bisa difungsikan, Presiden Joko widodo resmikan bendungan yang memakan biaya 1,1 triliun itu pada Selasa 7 September 2021. Dalam sambutannya orang nomor satu di indonesia tersebut menyampaikan, jika waduk Bendo akan mengairi sekitar 7800 hektar sawah dengan pasokan air baku 370 liter per detik.


Waduk yang dibangun sejak tahun 2013 tersebut memiliki kapasitas 43 juta meter kubik, luas genangan 170 hektar, dengan tinggi bendungan 74 meter. Yang paling penting lagi  keberadaannya bisa Mengurangi atau mereduksi banjir 31 persen, sementara dari sektor pertanian dengan adanya waduk tersebut diharapkan produktivitasnya akan meningkat pesat.

Sementara itu peresmian waduk bendo di tandai dengan Pemutaran roda pintu air dan penandatangan prasasti oleh Presiden, orang nomor 1 di Republik Indonesia tersebut juga didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadi mulyono, Gubernur Jatim Khofifah Indar parawansa, dan Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko.