Gunung Dloko Tatung Balong Terbakar, Penyebab Belum Jelas

Gunung Dloko Desa Tatung Balong sempat terbakar, Kamis (16/9) petang. Kobaran api sempat melalap sepertiga luas lahan. Untungnya kerugian tidak terlalu besar karena yang hangus hanya tumpukan dedaunan Pohon jati kering dan ilalang, namun begitu kejadian kebakaran itu kata Kades Tatung, Rudy Sugiarto, Pihaknya bersama warga meluncur kelokasi untuk memadamkan api. Dalam waktu satu jam, api berhasil dipadamkan.


Lanjutnya, untuk penyebab kebakaran sendiri hingga kini belum diketahui pasti. Sementara, Gunung Dloko sendiri, adalah sebuah bukit yang berada disisi selatan gunung gede yang biasa digunakan untuk paralayang. Memiliki luas lahan 30 hektar yang ditanami pohon jati milik Desa Tatung.

Beberapa tahun lalu, kerap terjadi kebakaran Hutan di sekitar Gunung tersebut karena disengaja, warga membakar ilalang dan rerumputan kering dimusim kemarau dengan tujuan saat hujan nanti akan tumbuh rumput baru untuk pakan ternak.

Pihaknya sudah sering melakukan sosialisasi dan esukasi kepada warga jika pembakaran lahan tersebut berbahaya, karena merusak lingkungan.