Jelajah

Musim Penghujan, Dinas PUPR Mulai Rawat Jaringan Irigasi

Memasuki musim penghujan, bidang sumber daya air dinas PUPR, mulai melakukan perawatan jaringan irigasi. Ada 5 UPT jaringan irigasi yakni Sambit, Somoroto, Pulung, Babadan dan Karangan. Siswanto, Kabid Sumber Daya Air Dinas PUPR, mengakui karena anggaran terbatas, banyak jaringan irigasi yang kurang terpelihara. Sama dengan jalan, setelah dibangun juga butuh pemeliharaan rutin untuk menghindari kerusakan.

Karenanya secara bertahap pihaknya bersama kelompok tani melakukan perawatan dan pembenahan terhadap jaringan irigasi. Seperti di Dam Cokromenggalan beberapa waktu lalu, 2 daun pintu dam sudah lapuk sehingga banyak air yang terbuang percuma. Pihaknya melakukan reparasi atau perbaikan agar pintu air tsb bisa berfungsi secara optimal.

Dijelaskan jika yang jadi kendala utama penyebab kerusakan jaringan irigasi, adalah sampah berupa carang bambu. Biasanya ketika awal hujan, sampah-sampah yang hanyut di aliran sungai tersebut menumpuk di sekitar pintu air. Pihaknya sudah melakukan pembersihan secara manual setelah memakai alat berat ternyata tidak maksimal.