Vaksin Belum Merata, Kebijakan Pengunjung Mal Harus Tunjukkan Kartu Vaksin Beratkan Pengusaha

Kebijakan pengunjung harus tunjukkan kartu vaksin, dinilai cukup memberatkan sejumlah kalangan pengusaha mal di Ponorogo. Irfan Nainggolan, Manager Ponorogo City Center (PCC) mengatakan, saat ini jumlah warga yang memperoleh vaksinasi belum genap 50 persen.


Karenanya kalau aturan tersebut benar-benar diberlakukan, maka sangat memukul dunia usaha. Beda lagi jika semua warga sudah divaksin atau setidaknya 70 persen dari jumlah penduduk, maka aturan tersebut bisa dijalankan. Kendati begitu pihaknya tidak bisa berbuat banyak selain hanya menjalankan kebijakan tersebut. Hanya saja untuk Ponorogo, penunjukkan kartu vaksin pengunjung mall belum diterapkan.

Pihaknya masih memberlakukan soal batasan usia saja, seperti lansia diatas 70 tahun dan anak di bawah 12 tahun dilarang masuk. Satu hingga dua hari ke depan masih melakukan edukasi dan sosialisasi ke pengunjung. Selain itu kapasitas pengunjung hanya 25 persen dari jumlah normal. Meski sudah dibuka lagi kata Irfan ada beberapa yang tutup seperti bioskop, arena permainan anak, dan makan minum tidak boleh di tempat. (rl/ab)