Paripurna Hari Jadi Ponorogo, Dewan Launching Buku Sejarah DPRD

Peringatan hari jadi Ponorogo yang jatuh pada 11 Agustus, ditandai kalangan wakil rakyat dengan launching buku berjudul Sejarah DPRD Ponorogo. Buku tersebut diserahkan melalui rapat paripurna Peringatan Hari Jadi Kabupaten Ponorogo ke-525, Selasa (10/8/21) malam.


Dihadapan para tamu undangan Sunarto Ketua DPRD Ponorogo, menyerahkan buku tersebut ke Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko dan Forkopimda yang lain, yang hadir dalam rapat paripurna. Sunarto mengungkapkan, dalam buku Sejarah DPRD Ponorogo diceritakan awal berdirinya DPRD Ponorogo pada tahun 1929 hingga sekarang.

Di dalam buku tersebut ditulis secara detail berdasarkan pengumpulan dokumen-dokumen yang sangat langka. Buku bertebal 118 halaman tersebut merupakan hasil evaluasi dari anggota DPRD Ponorogo yang menginginkan adanya tulisan sejarah berdirinya DPRD Ponorogo secara utuh.

Menurutnya, sebelumnya memang ada beberapa buku yang lain dengan penulis yang berbeda-beda tapi hanya sebagian-sebagian misalnya flashback 5-6 periode kebelakang. DPRD Ponorogo pun berupaya mengkaji bersama dengan tim yang berisi konsultan ahli mulai dari politisi lawas, hingga budayawan dan tokoh masyarakat.

Masih kata Sunarto, pihaknya membutuhkan waktu selama 6 bulan untuk menyusun buku tersebut, dan sesuai target akhirnya bisa dilaunching bertepatan dengan ultah Ponorogo.

Buku tersebut telah dicetak sebanyak 150 hingga 200 eksemplar dan akan dibagikan ke instansi strategis agar bisa dinikmati masyarakat. Nantinya akan diberikan ke kantor kecamatan dan instansi lainnya. Selain itu filenya akan diupload di media sosial. (yd/rl/ab)