Limbah Berupa Kompos Pabrik Minyak Kayu Putih Pulung Terbakar

Jajaran Polsek Pulung, menjelaskan kebakaran yang menimpa pabrik minyak kayu putih Sukun Pulung Sabtu (31/7/21) siang, hanya menyasar limbah yakni berupa pupuk kompos. Iptu Hariadi, Kapolsek Pulung mengatakan aktivitas pabrik tetap berjalan seperti biasa karena api berhasil dilokalisir hanya di bagian penyimpanan limbah saja tidak sampai merembet kemana mana. Tidak ada kerugian berarti dalam peristiwa tersebut, di mana hanya sekitar 10 meter persegi saja yang dilalap si jago merah dengan kerugian Rp3 juta sampai Rp4 juta.


Dijelaskan jika awalnya karyawan pabrik yang mengetahui ada kepulan asap di ruang penyimpanan limbah yang biasa dijadikan kompos tersebut. Karena tidak ingin api merembet kemana-mana, pihak pabrik lapor Polisi dan pemadam kebakaran. Satu unit mobil PMK dan alat berat turun, tidak sampai 3 jam api berhasil dijinakkan.

Penyebab kebakaran sendiri karena cuaca yang cukup panas, sehingga bisa memunculkan percikan api didalam limbah tersebut. Pihaknya memastikan bukan karena puntung rokok mengingat keamanan pabrik sangat terjaga, menyusul karyawan dilarang merokok dikawasan tersebut. Kejadian serupa pernah terjadi pada tahun 2018 lalu. (rl)