Meski Ruang Isolasi Overload, RSUD dr. Harjono tidak akan Tolak Pasien Baru

Bed Occupancy Rate (BOR) ICU Covid-19 dan ruang isolasi di RSUD. dr. Harjono kembali terpantau penuh. Meski begitu pihak rumah sakit menyatakan tidak akan pernah menolak pasien baru. Berbagai upaya akan dilakukan agar tetap melayani pasien yang membutuhkan ruang isolasi.


Suprapto, Humas RSUD dr. Harjono menjelaskan, sejak 17 Juli 2021, BOR ICU Covid-19 sudah overload, termasuk juga yang berada di tenda darurat sudah diisi melebihi kapasitas yang seharusnya. Total ada 107 pasien yang menempati ruang isolasi baik di ICU, ruangan isolasi, dan tenda darurat.

Meski begitu lanjut Suprapto, pihaknya tidak akan menolak jika ada pasien baru yang datang. Pihak rumah sakit tetap akan mengupayakan perawatan. Yakni dengan sebisa mungkin akan menambah kapasitas bed yang ada di tenda atau lahan parkir. Meski diakui hal tersebut tidak layak dilakukan.

Selain itu, pasien Covid-19 baru akan dipilah apakah bisa melakukan isoman mandiri atau tidak. Jika memang bisa melakukan isoman, dianjurkan untuk tidak rawat inap di rumah sakit. Disinggung terkait penambahan tenda, berdasarkan informasi dari Direktur Utama RSUD. dr. Harjonjo, dr. Made Jeren hal tersebut dinilai belum perlu untuk dilakukan.