Ditinggal Menjenguk Teman Sakit, Kandang Sapi Terbakar Kerugian 15 Juta

Nasib apes menimpa Edi Prayitno (46), warga Dukuh Krajan, Desa Tugurejo Sawoo. Pengusaha daging sapi itu harus rela kandang sapinya ludes dilalap si jago merah saat ditinggal menjenguk rekanya yang sakit. Kerugian ditaksir mencapai Rp15 juta karena seluruh kandang terbakar habis menjadi abu, beruntung api tidak merembet ke rumah induk.


Edi pemilik kandang kepada Gema Surya mengaku ikhlas dengan kejadian yang menimpanya. Kebakaran itu terjadi Sabtu (17/7), saat kejadian dirinya sedang dalam perjalanan pulang setelah menjenguk rekanya yang sakit di kawasan Gontor. Belum sampai rumah tiba-tiba menerima telepon, kandang sapinya terbakar.

Untuk penyebab kebakaran, masih kata Edi, kuat dugaan dari tungku yang berada di dekat kandang. Tungku tersebut biasa digunakan untuk merebus jeroan sapi setelah proses penyembelihan. Bisa jadi bara apinya belum padam betul sehingga merembet ke tumpukan kayu yang ada didekatnya.

Sebenarnya, orang rumah sempat berusaha memadamkan dengan alat sederhana dan menghubungi Damkar, 2 mobil Damkar pun datang untuk memadamkan api tersebut. Meski begitu, api dengan cepat meluluh lantahkan bangunan kandang yang sudah lama tidak difungsikan. Lantaran masa pandemi, dirinya tidak menyetok banyak sapi di kandang tersebut.