6 Bulan, Diperkirakan Habis 19 Milliar Lebih Untuk Tangani Corona

Selama enam bulan penanganan Covid-19 tahun 2021 ini pemkab Ponorogo , telah menghabiskan dana sebesar Rp 19, 25 miliar. Atau jika dihitung perbulannya ongkos penanganan Covid-19 di Bumi Reog mencapai Rp 3,2 miliar. Agus Pramono sekda Ponorogo mengungkapkan , Sejauh ini dari total anggaran yang sudah terserap di kisaran 25 persen.


Serapan anggaran terus berproses, masih ada permintaan biaya untuk kegiatan-kegiatan penanganan Covid-19. Besaran serapan anggaran bakal berbanding lurus dengan tingkat penularan Covid-19.  Itu artinya Semakin banyak pasien terinfeksi Covid-19 maka akan semakin besar pula biaya yang dibutuhkan untuk penanganan Covid-19. Mulai dari penyediaan ruang isolasi, biaya perawatan, hingga pemulasaraan jenazah. Agus Pram mengatakan, Pihaknya akan mempertanggungjawabkan anggaran sesuai ketentuan dan fungsinya.  Termasuk untuk insentif tenaga kesehatan.

Selain dari sisi kuratif, pengeluaran anggaran yang tak kalah besar adalah dari sisi preventif mulai dari sosialisasi hingga vaksinasi. Namun begitu, Agus bersyukur Satgas Penanganan Covid-19 telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan pemerintah pusat agar anggaran yang diajukan bisa cair.  Selama ini pengajuan dari Ponorogo tidak ada masalah.  Ada juga sebagian daerah yang list anggarannya dicoret pemerintah pusat sehingga dana tidak cair.