HeadlineJelajah

Target Pagu Siswa SMP Mbleset

Target pagu siswa SMPN di tahun 2021 adalah 8256 siswa. Namun  siswa yang daftar ke SMPN sebanyak 6552 orang.  Sehingga penerimaan peserta didik baru (PPDB)  tahun ini, dipastikan pagunya tidak mencapai target. Dari 56 sekolah menengah pertama (SMP) negeri di Ponorogo,  diperkirakan hanya ada 13 SMPN yang memenuhi pagu per jumat 2 juli dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2021.

Soiran Kabid Pembinaan SMP dinas Pendidikan mengatakan , sekolah yang pagunya terpenuhi tersebut, berada di daerah padat penduduk. Misalnya di kecamatan Kota, kecamatan Kauman dan kecamatan Balong. Namun juga ada SMPN di wilayah kecamatan pinggiran yang pagunya juga terisi penuh.  Lanjut soiran Di kecamatan kota sendiri , sekolah yang memenuhi pagu antara lain SMPN 1 Ponorogo, SMPN 2 Ponorogo, SMPN 5 Ponorogo dan SMPN 6 Ponorogo.  Sementara untuk sekolah diluar kecamatan kota, yakni SMPN 1 Kauman, SMPN 2 Kauman dan SMPN 2 Balong.

Lanjut soiran, Siswa yang mendaftar tahun ini jumlahnya hanya selisih 50 siswa.  Jika dibandingkan tahun sebelumnya ada 6600, tahun ini hanya 6552 siswa yang mendaftar.  Soiran mengungkapkan , Dindik Ponorogo masih memberikan kesempatan kepada SMPN yang belum memenuhi pagu, untuk masih membuka pendaftaran,  namun pendaftarannya dilakukan secara offline. Pasalnya untuk pendaftaran onlinenya sudah ditutup.  Berapapun jarak rumah dengan sekolah, jika sekolah yang dituju belum memenuhi pagu, siswa yang mendaftar tersebut pasti akan diterima.