Hama Tikus Menyerang Lahan Kacang Tanah dan Jagung di Sawoo

Masyarakat kalangan petani kacang tanah dan jagung di Desa Sawoo Kecamatan Sawoo, mengeluhkan banyaknya hama tikus yang menyerang ladang miliknya. Sujadi Kasi Tata Pemerintah Desa Sawoo Kecamatan Sawoo mengakui banyak petani kacang dan jagung di desa yang mengeluhkan hal tersebut sehingga menyebabkan panen mereka tidak maksimal.


Ada tiga jenis hama tikus yang menyerang ke ladang milik petani setempat, mulai dari tikus ukuran kecil hingga berukuran besar. Yang diserang pun berbeda-beda mulai akar yang di dalam tanah, hingga hasilnya yakni tongkol jagung. Hama tikus menyerang ada yang menghabiskan 1 kotak ladang ada yang separo ladang.

Masih kata Sujadi, karena terserang hama tikus sehingga memperoleh panen 50 persen bisa dikatakan bagus. Bahkan ada yang gagal tanam empat kali  karena diserang hama tikus. Selain menyerang tanaman hama tikus juga menyerang lahannya dengan merusak tanahnya.

Pihaknya sebenarnya sudah membasmi hama tikus dengan meracun. Sujadi mengungkapkan juga sudah melaporkan pihak terkait namun juga belum bisa mengatasi pasalnya memang saat ini musim hama tikus. (yd)