12 SMA Negeri di Ponorogo Kekurangan Murid

Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Ponorogo tingkat SMA masih diwarnai dengan sekolah-sekolah yang kekurangan murid. Data di Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Wilayah Ponorogo, dari 16 sekolah negeri, hanya 4 sekolah yang pagunya terpenuhi yakni SMAN 1 Ponorogo, SMAN 2 Ponorogo, SMAN 3 Ponorogo, dan SMAN 1 Babadan. Sedangkan sisanya 12 SMA Negeri yang kekurangan murid, rata-rata berada di wilayah pinggiran.


Eko Budi Santoso Kasi SMA Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Ponorogo mengatakan sekolah-sekolah tersebut memang selama ini langganan kekurangan murid. Hingga sekarang belum ada kebijakan untuk perpanjangan PPDB. Tapi yang pasti berbagai upaya telah dilakukan, agar sekolah tersebut diminati, salah satunya membuka kelas double track.

Selain itu, dari lulusan tingkat SMP 7629 siswa hanya 57 persen yang meneruskan ke tingkat SMA. Sisanya bisa jadi ke SMK dan sekolah yang sistemnya seperti pondok pesantren. Pasalnya sekolah tsb sekarang menjadi idola para wali murid. (yd/rl)