Air Terjun Plethuk Penuh Teletong , Wisatawan Sepi

Air terjun Pletuk Soko , mulai tercemar limbah kotoran sapi. Laporan yang disampaikan Pujiana, ketua Nelayan Air Darat , tempat wisata andalan tersebut kini sepi pengunjung karena bau telethong dan air berwarna keruh karena limbah kotoran. Kondisi tersebut membuat prihatin karena kebanyakan peternak sapi perah dikawasan tersebut disinyalir membuang kotoran ternaknya disungai.


Bahkan kata Pujiana, bukan hanya plethuk saja yang air sungainya sudah tercemar melainkan ada 3 titik yakni disetumbal dan jurug . Pemerintah sebenarnya sudah berupaya untuk mengedukasi dan sosialisasi agar kotoran sapi bisa diolah menjadi bio gas. Bahkan sudah ada bantuan peralatan dan rumah pembuatan biogas. Tapi sayang, petani  tidak mau repot , malah rumah pembuatan biogas sudah alih fungsi untuk selepan padi.

Karena itu , pihaknya berharap dinas terkait kembali turun tangan untuk menertibkan peternak sapi perah yang mengalirkan limbah kotoran disungai. Sebab mereka secara terang terangan membuangnya begitu saja dengan cara memasang pralon pembuangan tletong ke sungai. Jika dibiarkan terus berlanjut, sungai diwilayah soko yang sebelumnya jadi jujugan wisatawan karena kejernihannya kini ditinggal karena tercemar. Tak hanya itu, juga terjadi pendangkalan sungai sehingga tidak bisa lagi dipakai arum jeram.