Dikunjungi Asisten Deputi Bidang Pangan dan Agribisnis Kementerian Perekonomian , Petani Sambat Harga Porang Anjlok

Keberadaan tanaman porang di Ponorogo mendapatkan perhatian khusus dari Pusat. Buktinya, Asisten Deputi Bidang Pangan dan Agribisnis Kementerian Perekonomian, Saefulloh turun langsung ke wilayah-wilayah penghasil porang salah satunya Selur Ngrayun. Meski begitu ada satu masalah yang dirasakan oleh para petani porang di Selur Ngrayun, yakni terkait anjloknya harga. Karenanya dalam kesempatan langka itu, dimanfaatkan petani untuk menyampaikan keluhan itu.


Suprapto, Kades Selur Ngrayun mengatakan, petani porang di desa Selur Ngrayun sambat anjloknya harga porang di saat panen raya sehingga minta ada perlindungan. Kondisi tersebut membuat petani ketar-ketir sebab tanaman porang digadang-gadang bisa memulihkan perekonomian. Lebih lanjut disampaikan rencana pengembangan agribisnis porang tidak sebatas di Selur, tetapi  di seluruh Kabupaten Ponorogo. Bicara industri orientasi ekspor, tidak bisa dipisahkan dengan segala hal termasuk konteks kawasan berikat.

Kawasan berikat pada dasarnya fasilitas yang diberikan oleh pemerintah kepada entitas atau proses bisnis tertentu dalam kawasan tertentu. Sehingga fasilitas itu tidak bisa diberikan kepada aktifitas bisnis yang terjadi di luar kawasan berikat.