Lagi, Alumni SMK PGRI 1 Ponorogo Diterima Kerja di PT Pan Brothers

L­­uar biasa, lulusan di SMK PGRI 1 Ponorogo. Bagaimana tidak, saat pengumuman kelulusan belum resmi disampaikan, namun sejumlah perusahaan sudah antri menunggu para alumninya. Kali ini, PT. Pan Brothers yang kembali merekrut anak didik drs. H. Jemito, M.Pd.I. tersebut untuk bisa bergabung di perusahaan multinasional itu. Tak tanggung-tanggung, ada 15 anak yang direkrut. Dimana. mereka akan melakukan Pendidikan dan Latihan (Diklat) di Semarang selama satu bulan sebelum akhirnya bisa bekerja.


Seperti disampaikan kepala SMK PGRI 1 Ponorogo, drs. H. Jemito, M.Pd.I, Ke-15 anak itu direkrut sebelum dinyatakan lulus. Kondisi demikian tentu sangat luar biasa. Sebab, prestasi tersebut dapat membuktikan bahwa para alumni SMK PGRI 1 bisa bekerja profesional. Apalagi, perekrutan oleh PT. Pan Brothers itu bukan kali pertama, melainkan sudah beberapa tahun terakhir. Bahkan, yang menduduki jabatan penting di perusahaan itu juga alumni dari SMK PGRI 1 Ponorogo.

Dijelaskan jika, Rabu 2 juni 2021, 15 anak didiknya itu berangkat dijemput oleh perusahaan untuk menjalani Diklat di BBPLK di Semarang. Informasinya, selama Diklat, anak-anak akan tinggal layaknya di hotel. Semua biaya akomadasi-pun akan ditanggung oleh perusahaan. Lebih lanjut dikatakan, selain perusahaan PT. Pan Brothers, alumni SMK PGRI 1 Ponorogo juga diterima di sejumlah perusahaan besar lainnya. Ada juga yang diterima di maskapai penerbangan sebagai pramugari. Karena itu, orang tua yang menyekolahkan putra putrinya di SMK PGRI 1 tidak akan galau, sebab setelah lulus SMK bisa langsung kerja. Jika tidak, pasti melanjutkan sekolah di Perguruan Tinggi yang di kehendaki siswa.

Sementara Heni Sulisatul, dari Tim BKK SMK PGRI 1 Ponorogo menambahkan, jika lulusan sekolah yang ada di Jl. Irawan itu memiliki kompetensi yang tinggi. Hal itu karena, sejak masuk di kelas 10, soft skill nya sudah dilatih sedemikian rupa sehingga kemampuan komunikasi dan kecerdasan sosial bagus. Serta, kemampuan beradaptasi bisa berjalan baik di dalam kehidupan maupun dunia kerja. Hal itulah yang barangkali dicari perusahaan, di samping keterampilan sesuai dengan bidang masing-masing.

Sedangkan Aniza Zahra, salah satu alumni yang siap bekerja di PT. Pan brothers mengaku sangat bersyukur di era pandemi ini, dirinya tidak kesulitan mencari kerja. Berkat sekolah di SMK PGRI 1 Ponorogo, dirinya dan lulusan lain bisa langsung diterima kerja bahkan di perusahaan ternama.