Pemdes Kalimalang Gencar Sosialiasi Terkait Pelaksanaan Sholat Ied

Pemerintah desa Kalimalang Sukorejo tidak melarang warganya untuk menunaikan sholat id baik dimasjid maupun diruang terbuka. Hanya saja , desa yang dipimpin Riyadi tersebut minta protokol kesehatan harus diterapkan termasuk membatasi jumlah Jamaah tidak lebih dari 50 prosen dari kapasitas masjid, Untuk itulah, pemdes kali malang memanfaatkan sholat terawih di masjid masjid untuk melakukan sosialisasi dan edukasi ke warganya . Kepada gema surya kepala desa Riadi menjelaskan di desanya ada 4 masjid dan 4 mushola.


4 masjid tersebut akan menggelar pelaksanaan sholat ied untuk warga sekitar . Berdasarkan pengalaman tahun lalu, di era pandemi , memang jamaahnya dibatasi hanya untuk lingkungan masjid sendiri . Sejauh ini, desanya termasuk aman dari penularan covid 19, karena selama beberapa minggu terakhir , tidak ditemukan kasus baru. Tahun lalu sempat meningkat angkanya bahkan ada yang meninggal dunia. Terkait PMI yang pulang kampung, kata Riyadi ada satu orang dari Hongkong. Pihaknya sudah menjemput TKW tersebut ,dan sekarang menghuni ruang isolasi balai desa Kalimalang.

Sementara terkait dengan tradisi sejarah atau ajang sana kerumah rumah, lanjut riyadi disepakati dalam satu RT saja itupun diharapkan tidak ada acara salam salaman. Meski diakui sangat sulit karena sudah menjadi tradisi.