Dampak Dari Pandemi, Puluhan Ribu Warga Ponorogo Menganggur

Puluhan ribu warga Ponorogo menganggur alias tidak memiliki pekerjaan sama sekali, data yang diperoleh gema surya dari kantor Dinas tenaga kerja, angka pengangguran terbuka mencapai 22.900 orang. Moh Bedianto Kepala Dinas tenaga kerja mengakui ada kenaikan selama pandemi ini menyusul banyak yang menjadi korban PHK di sejumlah Daerah karena banyak perusahaan yang bangkrut.


Selain itu ada ratusan calon pekerja migran Indonesia (PMI) yang terpaksa belum bisa berangkat ke Negara tujuan juga karena pandemi, Hanya saja meski angkanya tinggi, namun jika dibanding dengan persentase angka tingkat Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Ponorogo masih di bawahnya. Di Provinsi Jatim , persentase pengangguran terbuka mencapai  5,17 persen , sementara Ponorogo 4,45 persen. Meskipun begitu Pemkab Ponorogo juga akan mengantisipasi angka pengangguran terbuka jangan terus bertambah.

Salah satu caranya yakni kerjasama dengan perusahaan perusahaan  di luar Daerah agar Lulusan sekolah kejuruan yang siap kerja untuk bisa langsung diterima, Selain itu juga pihaknya juga terbantu dgn Bursa kerja khusus yang di Sekolah itu jg bekerjasama dengan perusahaan sehingga bisa menekan angka pengangguran terbuka di Ponorogo.