Terkena Covid-19, Jenazah Bapak dan Anak Warga Munggu Bungkal Dimakamkan Satu Liang Lahat

Jenazah bapak dan anak warga Dusun Sumberejo Desa Munggu, Bungkal Ponorogo akhirnya dimakamkan di satu liang lahat di TPU setempat. Dua jenazah pasien terkonfirmasi Covid-19, SU (39) dan LA (89) meninggal dunia Ahad (4/4/2021) malam dengan selisih waktu 2 jam di rumah sakit swasta di Ponorogo.


Senin (5/4/2021) pagi, atas permintaan keluarga, kedua jenazah itu dimakamkan dengan protokol kesehatan Covid-19. Hadi Susanto, Petugas Pemakaman BPBD Ponorogo mengatakan, pemakaman dimakamkan satu liang lahat. Selain atas permintaan keluarga juga lokasi TPU di dusun tersebut sulit medannya karena berada di lereng pegunungan. Sehingga akhirnya lokasi pemakaman di TPU Dukuh Krajan.

Diakui, jika jenazah Covid-19 dimakamkan dalam satu liat lahat merupakan kali pertama. Saat dua peti jenazah dimasukkan, posisi jenazah SU, sang anak diletakkan pada sisi barat. Sementara bapaknya, LA diletakkan pada sisi timur.

Selain kedua peti jenazah, petugas juga menguburkan barang-barang yang digunakan pasien saat dirawat di rumah sakit. Kedua pasien, lanjut Hadi, telah dirawat selama 3 hari di rumah sakit. Pihak keluarga pasien pun saat ini tengah melakukan isolasi mandiri.

Sementara itu total ada 12 personil dari BPBD Ponorogo yang melakukan proses pemakaman yang terbagi ke dalam dua tim. Selama proses pemakaman dilakukan protokol kesehatan yang ketat. Bahkan saat keluarga pasien mendekat untuk melihat proses pemakaman pun dilakukan dari kejauhan. (yd/rl)