Jelajah

Air Terjun Plasur, Destinasi Wisata Baru di Kunti Sampung

Tak hanya di Pagerukir Sampung yang memiliki potensi alam yang luar biasa. Ternyata di dukuh Bayeman, desa  Kunti Sampung pun juga terdapat surga tersembunyi yang tak boleh dilewatkan. Air terjun Plasur, yang menawarkan kesejukan alami. Bahkan keberadaannyapun sudah dilirik sejumlah youtuber untuk menghiasi channel youtubenya. Ismani, perangkat desa dukuh Bayeman Kunti Sampung, mengatakan sebenarnya keberadaan air terjun Plasur sudah sejak dulu, namun baru beberapa tahun belakangan ini karang taruna desa setempat menggarap potensi tersebut.

Tempat ini cocok bagi para traveller yang ingin menikmati kesejukan udara, kejernihan airnya dan hamparan hijau dedaunan, atau berswa foto dengan background air terjun yang jatuh dari sela-sela tebing. Namun, sebelum sampai di lokasi, para traveller dituntut melewati medan yang sulit. Pasalnya, menurut Ismani, untuk menuju ke lokasi, bila memakai kendaraan bermotor harus berjalan kaki sejauh sekitar 1 kilometer. Namun jika anda seorang goweser, cukup dengan mengayuh sepeda saja sudah sampai di lokasi.

Para pengunjung juga harus ekstra hati-hati karena jalanan yang licinketika musih hujan. Dijelaskan jika air terjun tersebut masuk dalam lahan Perhutani. Selama ini, karang taruna setempat hanya sebatas melakukan penataan dan membuka akses ke lokasi tersebut. Namun pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak perhutani untuk mengembangkan potensi wisata alam di desanya.