15 Tahun, Remaja Ponorogo ini Lolos FK UNAIR Jalur SNMPTN

Risqi Nabila Ramadhani warga Jl. Urip Sumoharjo bisa dikatakan remaja berprestasi. Bagaimana tidak, di usianya yang belum genap 16 tahun, putri sulung dari pasangan Amin Syaifuddin dan Novita Rahmawati itu diterima di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya. Lulusan SMAN 1 Ponorogo menjadi calon mahasiswa termuda di fakultas tersebut, setelah diumumkan lulus melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2021.


Kepada wartawan, Risqi mengaku duduk dibangku sekolah memang lebih cepat dibanding teman sekolah lainnya. Dimana, ketika SMP dan SMA ia ikut program akselerasi, sehingga di masing-masing tingkat, hanya menempuh pendidikan 2 tahun. Sehingga. saat daftar ke Fakultas Kedokteran UNAIR, usianya belum genap 16 tahun atau tepatnya 15 tahun lebih 8 bulan.

Cita-citanya yang ingin menjadi dokter sukses di usia muda, menjadi motivasinya selama ini. Dirinya ingin mempelajari bagian-bagian tubuh manusia. Untuk merealisasikan keinginannya tersebut, dirinya sadar harus belajar dengan lebih giat.

Diceritakan, hampir di setiap waktu luangnya, ia gunakan untuk belajar dan belajar. Masih kata Risqi, ia pun tidak menduga bisa lolos ke FK UNAIR lewat jalur SNMPTN. Pasalnya, dirinya tahu kalau persaingannya sangat ketat. Untuk bisa masuk di UNAIR, harus dilihat dari ranking paralel satu di sekolah. Selain itu, juga dilihat dari indeks sekolahnya.

Sementara itu ada 4 siswa yang berusia dibawah 16 tahun yang berhasil lulus SNMPTN tahun 2021 di UNAIR.