Embong di Bajang Balong Jebol, 9 hektar Sawah Kebanjiran

Hujan deras yang mengguyur Balong Selasa, 2 Februari 2020, menyebabkan embong jebol hingga menimbulkan sejumlah genangan di Bajang Balong. Tanaman padi yang sudah mulai berbulirpun tak luput dari genangan hingga diprediksi hasil panen tidak maksimal. Ninik Setyowati Kades Bajang Balong membenarkan peristiwa tersebut. Kepada Gema Surya, 3 Februari 2021, Ninik mengatakan jika embong yang berada di Kreteg Gede yang berada di perbatasan Ngasinan dan Balong jebol. Sehingga menimbulkan genangan air di sejumlah titik. Genangan itu tidak sampai 2 jam sudah surut dan ketinggian tidak sampai lutut. Namun ada satu dusun yakni Doplang sempat terpantau air masuk ke dapur dan rumah warga.
Selain itu, Masih kata Ninik, sekitar 9 hektar sawah di dua Dusun yakni Taro dan Doplang terendam air. Akibatnya tanaman padi yang sudah mulai berbulir terancam gagal panen. Kalaupun bisa dipanen dipastikan hasilnya kurang memuaskan.
Kejadiaan embong yang jebol saat hujan deras ini, lanjutnya, hampir terjadi setiap tahun. Namun pihaknya tidak bisa berbuat banyak, selain mengajukan perbaikan ke Pemkab. Untuk langkah antisipasi sementara, akan ada kerja bakti bersama warga menambal embong yang jebol tersebut. Rencananya akan ada bantuan dari BPBD berupa karung plastik, kemudian diisi pasir dan digunakan untuk menambal embong yang jebol tersebut.