Pemkab Dapat Bantuan 5000 Alat Rapid Antigen Dari Pusat

Seiring dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat berbasis mikro ( PPKM Mikro ),  Pemkab ponorogo mendapatkan bantuan 5000 alat rapid antigen dari Pemerintah Pusat. Pemberian bantuan tersebut untuk dimanfaatkan dalam tracing kasus terkonfirmasi pasien covid 19.


Drg. Rahayu Kusdarini, Kepala dinas kesehatan mengatakan sejak Senin, 15 Februari 2021, alat tersebut sudah datang di Ponorogo. Kemungkinan mulai Jumat 19 Februari 2021, alat rapid antigen bantuan tersebut akan digunakan untuk tracing. Irin, sapaan akrabnya melanjutkan, pihaknya juga sudah menyiapkan petugas pengambil sampel sejumlah 90 orang. Pihaknya juga akan lebih intensif lagi bekerjasama dengan lintas sektoral untuk melakukan tracing. Nantinya, setiap kasus baru covid 19 maka akan dilakukan tracing minimal 15 orang.

Jika hasil rapid antigen positif  dan tidak bergejala maka akan isolasi mandiri. Meskipun hasilnya juga negatif juga melakukan isolasi mandiri namun dipisah dengan yang hasil rapid antigennya positif. Pengawasan isolasi mandiri dilakukan oleh satgas covid 19 desa setempat. Sementara swab PCR juga akan tetap dilakukan bagi yang bergejala.