Vaksinasi Tahap Pertama di Pendopo, Diwarnai Pejabat Yang Tensi Darahnya Tinggi

Pelaksanaan perdana vaksinasi covid-19 di Pendopo Kabupaten Ponorogo Rabu 27 Januari 2021 berjalan aman dan lancar, hanya saja sempat diwarnai dengan sejumlah pejabat yang tiba-tiba tensinya tinggi, sehingga mengakibatkan harus menunggu beberapa menit untuk bisa dilakukan vaksinasi. Pantauan jurnalis gema surya sejumlah pejabat yang sempat ditunda sambil menunggu tensi darahnya normal adalah Sekda Agus, Kepala BPBD Imam Bashori dan Kepala Satpol PP Suko Kartono, namun setelah menunggu sekitar 30 menit, akhirnya tensi darah mereka normal kembali sehingga akhirnya bisa dilakukan vaksinasi.


Sekda Agus Pramono kepada wartawan menjelaskan, tensinya sempat tinggi hingga 150, hal tersebut mungkin karena kurang tidur atau juga ngopi, padahal selama ini ia tidak pernah ngopi, tapi untuk mengusir kantuk sebelum vaksinasi, ia sempat minum kopi, hal tersebut bisa jadi mempengaruhi tensi darahnya yang akhirnya harus dinormalkan kembali. Lebih lanjut dijelaskan, dari beberapa pejabat yang ditunda beberapa menit tadi juga ada yang sempat batuk, sementara vaksin pertama ini, ada 13 orang baik dari  perwakilan Forpimda dan tokoh masyarakat. Awalnya ada 14 orang namun satu orang dari salah satu ormas meminta ada penundaan karena  ada kepentingan yang tidak bisa ditinggalkan.

Setelah vaksinasi terhadap pejabat Forpimda dan tokoh masyarakat, vaksinasi tahap pertama akan menyasar sekitar 3800 tenaga kesehatan dimana targetnya akhir Januari selesai. Program vaksinasi sendiri akan dilaksanakan 2 tahap dengan menyasar sekitar 650 ribu warga Ponorogo yang dinilai memenuhi syarat untuk divaksinasi covid-19. Sebelumnya sekitar  3.200 vial vaksin datang di gedung lantai 6, kedatangan vaksin juga dikawal ketat oleh anggota kepolisian.