Inspiratif: Lusi Widyarni, Pelaku IKM Ponorogo Asal Selur, Ngrayun Dapat Penghargaan Upakarti dari Pusat

Lagi-lagi nama Kabupaten Ponorogo moncer di kancah nasional. Ini setelah warganya banyak yang mendapat berbagai macam penghargaan dari pusat. Salah satunya Lusi widyarni, warga Desa Selur, Ngrayun. Perempuan yang menjadi pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) Ponorogo ini mendapatkan Penghargaan Upakarti yang diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H. Ma’ruf Amin beberapa waktu lalu. Penghargaan upakarti ini diberikan karena dinilai berhasil dalam meningkatkan kesadaran dan memotivasi serta memprakarsai masyarakat baik perseorangan, lembaga/ oganisasi ataupun perusahaan untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan dan pemberdayaan sektor IKM.


Kebetulan, sehari-hari yang bersangkutan merupakan pengusaha janggelan. Usai bertemu Plt. Bupati Soedjarno Senin siang (21/12), Lusi mengaku tak menyangka mendapat penghargaan itu. Mengingat, saat menjalankan pekerjaannya, ia melakukan dengan tulus ikhlas guna pemberdayaan masyarakat sekitar. Pasalnya, dirinya bertempat tinggal di daerah pelosok. Saat menjalankan usaha tersebut, yakni produksi minuman berbahan baku janggelan tersebut mendapatkan binaan Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM.

Masih kata Lusi, UD Rizki Agung miliknya ini juga memberi binaan kepada mitranya, misalnya terkait kehalalan, merk dan sertifikat keamanan pangan serta penjualannya. Sehingga, mitra binaan dengan dirinya mempunyai kerjasama saling menguntungkan dan maju bersama. Pihaknya bersyukur, hasil kerja kerasnya juga mendapat penghargaan dari Pemerintah Republik Indonesia. Namun, sebelum itu, dirinya juga sudah mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Dsisi lain, Adin Andanawarih, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM (Perdagkum) mengatakan, pihaknya bersyukur akhirnya industri IKM janggelan Ponorogo mendapatkan penghargaan tingkat nasional. Ini adalah hasil jerih payah pembinaan Dinas Perdagkum dengan pelaku usaha janggelan di Ngrayun. Usaha jenggalen itu juga memperdayakan masyarakat sekitar, sehingga memperoleh penghargaan. Pihaknya berharap, IKM Ponorogo juga ada yang memperoleh lagi penghargaan tersebut. Pasalnya, IKM Ponorogo yang bergerak bukan hanya makanan tapi juga kerajinan. (ADV)

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •