Tidak Ingin Whatsapp Diretas, Jangan Pernah Berikan Kode Verifikasi

Jangan pernah memberi kode verifikasi Whatsapp kepada siapapun, jika tidak ingin aplikasi Whatsapp diretas atau dibajak orang lain. Pernyataan itu disampaikan Bagus, salah satu karyawan Grapari operator seluler di Ponorogo menyikapi banyaknya kasus akun WA dibajak untuk aksi penipuan. 


Banyak laporan dari customer nomornya dipakai orang lain dan disalah gunakan untuk aksi tipu-tipu. Setelah ditelusuri ternyata mereka secara sadar telah membagikan kode verifikasi yang dikirim WA dari  handphonenya, ke penipu tersebut, sehingga dengan mudahnya nomor WAnya akhirnya diambil alih pelaku.

Biasanya pelaku mengambil nomor telepon yang disasar dengan cara acak. Lalu mengunduh aplikasi WA dengan nomor tersebut. Kebetulan nomor tersebut mungkin milik orang penting yang memiliki banyak kolega.

Sayangnya ketika di sms untuk mengirim kode verifikasi dituruti sehingga akhirnya nomornya berhasil diretas. Beruntung dari kasus yang menimpa Kasek SD Muhammadiyah nomornya bisa dikembalikan lagi karena pelaku belum melakukan verifikasi 2 langkah. (rl)