Disperdakum Monitoring Pasar, Harga Naik Tapi Masih Terkontrol

Dinas perdagangan dan UMKM (perdakum) Ponorogo, melakukan monitoring harga di pasaran dan gudang pada Selasa (8/12). mereka menjamin harga relatif stabil dan stock pun masih mencukupi, sedangkan kenaikan harga telur ayam dalam beberapa hari terakhir bukanlah suatu hal yang luar biasa.


Kabid perdagangan Dinas perdakum, Totok Basuki menjelaskan per Sabtu (12/12) harga telur ayam di pasaran Ponorogo kisaran 25 – 26 ribu rupiah. Angka tersebut pun merupakan rata-rata di wilayah Jawa Timur, artinya bukan hanya Ponorogo saja, melainkan hampir di seluruh Kabupaten/Kota di Jatim, dia juga mengatakan naiknya telur di angka tersebut masih batas kewajaran, sedangkan terkait dengan stock barang di pasaran, pihaknya mengatakan memang ada penurunan pasokan karena kondisi cuaca dan produksi yang berkurang, hanya saja barang masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di akhir Tahun ini.

Selain telur, hasil monitoring juga mendapati harga sayuran yang mengalami kenaikan terutama harga cabai, kondisi tersebut karena di cuaca yang seperti ini, banyak petani yang mengalami gagal panen, sehingga berdampak pada harga di pasaran.